30 January 2018

Jayden's Busy Box

Kita semua pasti uda pernah denger kan bahaya kalo anak dikasih gadget sejak dini? Tapi ga bisa dipungkiri juga kalo gadget itu kadang membantu ibu-ibu banget. Apalagi di jaman yang serba digital kayak sekarang, kayaknya susah untuk ga ngasih gadget ke anak-anak.

Jayden memang hampir ga pernah megang gadget, tapi tiap hari dia selalu nonton. Kebetulan di rumah emang pasang wifi, dan gua punya TV yang bisa connect internet, jadi Jayden tetep bisa nonton youtube di TV, tanpa harus ngeluarin HP atau tab. Jayden nonton di HP hanya kalo lagi makan di restoran.

Gua emang ga pernah ngelarang Jayden nonton. Apalagi gua ngerasa kosakata Jayden dalam bahasa Inggris bertambah banyak, salah satunya ya gara-gara youtube. Dia tau warna, angka, huruf, bentuk, alat-alat transportasi, lagu-lagu nursery rhymes, salah satunya ya berkat youtube. Jadi gua membiarkan dia nonton setiap hari. Hanya saja....waktunya selalu gua batasin.

Untungnya Jayden ga terlalu tertarik untuk main game. Padahal seandainya dia tertarik pun, gua akan dengan senang hati ngajarin, hahaha. Karena sebagai maniak game, gua ngerasa otak jadi dipaksa ikut mikir, gimana caranya atur strategi supaya bisa naik level. Sesekali Jayden suka ngeliatin kalo gua lagi main game, tapi ya cuma sekedar liat doang. Dia lebih tertarik main mobil-mobilannya ketimbang main game bareng gua, hahaha. Ada bagusnya juga, gua jadi ga perlu was-was dia akan kecanduan gadget.

Ibu-ibu idealis mungkin akan menjudge gua, hahaha. Tapi tenang aja...gua sadar banget kalo nonton atau main game itu ga sehat, makanya penggunaannya tetep gua batasin. Dan gua pun juga membatasi diri untuk tidak main HP lama-lama di depan Jayden.

Untuk itu gua membutuhkan variasi aktivitas yang lebih banyak supaya Jayden ga bosen. Dan gara-gara sering buka instagram explore, gua pun berkenalan dengan @bebox.fun.

Apa itu @bebox.fun? Salah satu akun di instagram yang menjual busy box. Penjelasan lebih lanjut, gua copy paste dari caption di instagramnya ya.

Busy Box adalah beberapa aktivitas sederhana yang tersimpan di dalam suatu box. Box yang bisa dibawa kemana saja dan memudahkan si kecil untuk membawanya kemana saja. Busy Box ini bertujuan membuat anak-anak tetap sibuk dimanapun, contoh ke dokter, tamasya, restaurant, di dalam mobil atau pesawat, bahkan dirumah sekalipun.

Tentunya kita sebagai orang tua ingin sekali anak - anaknya tumbuh dengan optimal dan memberikan edukasi yang baik sejak usia dini. Disini kami membantu para orang tua untuk menyediakan sarana bermain bagi anak.
 
Didalam box ini terdapat 12 macam permainan sederhana yang masing - masing permainannya ditempatkan pada plastik ziplock. Setiap permainan membantu si kecil untuk melatih skill dan motorik mereka, contohnya seperti mengenal warna, menghitung, mengenal benda, mencocokkan gambar dan lainnya.
 
Sebelum memulai, pilihlah permainan yang paling sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan si kecil. Ciptakan suasana yang menyenangkan bagi si kecil sehingga anakpun tertarik untuk bermain dan belajar. Disini peran orang tua dalam membimbing anak sangat dibutuhkan, sehingga hubungan orang tua dan si kecil pun bertambah erat.

Keliatannya oke juga nih. Akhirnya gua order satu box. Harga per boxnya gua lupa berapa, tapi kisaran IDR 200.000-an. Mereka berdomisili di Surabaya, jadi ongkirnya rada mahal, dan nyampenya juga rada lama. Tapi begitu nyampe, boxnya terbungkus rapih dan ga penyok-penyok.

Ini penampakan boxnya. So far oke sih, ukurannya pas ditenteng Jayden. Cuma konci diatasnya itu suka kebuka-buka. Tapi berhubung Jayden jarang nenteng-nenteng, jadi ga masalah juga.

Sesuai captionnya, isi mainan di boxnya itu ada 12 (Poi...ternyata ada 12, bukan 10, hahaha), dan semuanya tersimpan rapih di plastik ziplock. 

Ini isi boxnya.

Sekarang mari kita intip satu-satu isinya.

Ini masukin benang ke lobang-lobang itu. Kayak menjahit gitu deh. Karena waktu nyoba pertama agak susah, Jayden jadi ga gitu tertarik lagi main ini. Emang untuk seumuran dia, ini tantangan banget sih, hahaha.

Belajar tentang shape. Ini merupakan salah satu mainan favoritnya Jayden.

Jayden uda tau semua nama-nama bentuk tersebut.

Ini nyaris ga pernah dimainin. Kayaknya kesusahan untuk Jayden, dan gua juga males jelasinnya, hahaha.

Sedotannya harus dipotong kecil-kecil dulu. Gua cuma gunting satus sedotan yang warna merah. Karena Jayden cuma main sekali doang, jadi sedotan lain belom gua gunting.

Ini juga salah satu mainan favoritnya Jayden. Cuma ada beberapa pattern yang cukup susah buat Jayden.

Ini juga termasuk salah satu yang favorit. Karena ukuran kancingnya ga sama, selain belajar warna, bisa juga buat belajar besar dan kecil. 

Jayden uda tau semua warna-warna tersebut, baik bahasa Indonesia, maupun bahasa Inggris.

Ini lumayan buat belajar nama buah lain selain apel dan pisang.

Ini termasuk yang sering dimainin. Bukan yang menjadi favorit Jayden sih, tapi berguna banget buat melatih konsentrasi dan daya ingat.

Ini untuk melatih megang pensil. Spidolnya bisa dihapus pake tissue ya.

Flashcard abjad. Jayden juga uda tau semuanya, baik abjadnya, maupun gambarnya.

Dari segi kualitas, menurut gua ini oke banget. Gambar-gambarnya menarik untuk anak-anak, komposisi warnanya pas, kertasnya tebel, dan hasil cetaknya juga bagus. Material mainannya juga oke. Karena dari awal semuanya uda tersimpan rapih, gua jadi ngajarin Jayden untuk masukin kembali ke plastik begitu dia selesai dengan satu mainan. Baru abis itu boleh buka mainan yang lain. Lumayan main beginian bisa bikin dia anteng dalam jangka waktu yang cukup lama. Dari segi harga juga menurut gua worth it. Kalo bikin sendiri, design, dan ngeprint sendiri juga pasti habis segituan. 

Buat ibu-ibu yang berdomisili di Surabaya, coba follow IGnya deh. Soalnya mereka suka ngadain workshop DIY dengan harga yang cukup terjangkau. Coba kalo bikin di Jakarta, gua pasti ikutan. Mereka juga suka ngadain giveaway loh. 

PS : Ini bukan postingan berbayar. Ditulis karena kepuasan konsumen semata.

12 comments:

  1. Baru tao ada ginian, keren yaa bagus nih buat anak2, banyak alternatif slain gagdet yaa

    ReplyDelete
  2. mel, kertas2nya dilaminating apa enggak? ngeri dibejek. ahahaha. bagus2 yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga dilaminating sih poi... emang ada kemungkinan bisa dibejek hahahaha... kayaknya ini emang untuk anak umur 3 tahun ke atas gitu, yang uda ngerti perintah...

      Delete
  3. maenan toddler jaman now ya hahaha ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... betul... selain masih ada busy board... pokoknya aneh2 deh hahahaha...

      Delete
  4. Ini kayaknya range umurnya 3-5 tahun gitu kali ya ci, lucu ya, demen liat boxnya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya liv, untuk umur 3-5 tahun... di bawah itu juga bisa sih, tapi ga semua bisa dimainin...

      Delete
  5. Bagusss euyyy.. Cuma skrg masih belum cocok keknya di L. Alamat sehari doang kelar semua.. Kelar jadi rusak mksdnya..huaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iya... seumuran L emang kayaknya belom bisa...

      Delete
  6. Bagus ya ci box ini isinya macem2 gt, trus rapi jadi bisa satu-satu ngerjaiinnya. Jayden pinter udah bisa shape sama warna2 bilingual lagi :-)

    ReplyDelete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.