15 November 2017

Tiga Kata Penting

Dari sebelum Jayden bisa ngomong, gua selalu membiasakan untuk mengucapkan tiga kata penting, yaitu tolong, maaf, dan terima kasih. Jadi kalo misalnya Jayden dikasih sesuatu, gua akan mewakilin dia untuk bilang terima kasih tapi persis di depan anaknya. Setelah Jayden bisa ngomong, gua mulai ngajarin dia untuk mengucapkan tiga kata penting itu. Jadi kalo dia minta dibukain mainan, gua akan nyuruh dia untuk bilang "please" atau kalo dia abis dikasih kado, gua akan nyuruh dia untuk bilang "thank you". Begitu juga kalo dia abis melakukan kesalahan, gua pasti akan nyuruh dia untuk bilang "sorry".

Kebetulan banget tahun ini proyek besarnya Jayden di SBI tentang mengucapkan tiga kata penting itu. Waktu pertama kali masuk, guru-gurunya uda bilang untuk membiasakan anak mengucapkan kata tolong, maaf, dan terima kasih. Lalu minggu ini juga tema mingguannya Jayden di SBI tentang memaafkan. Jayden belajar kenapa kita harus minta maaf dan kenapa kita harus memaafkan melalui cerita Yusuf dan saudara-saudaranya.

Karena Jayden belom ada inisiatif untuk bilang sendiri, jadi masih gua suruh-suruh. Tapi terkadang ada beberapa situasi random dimana anaknya bisa tiba-tiba ngomong sendiri. Seperti beberapa waktu lalu ketika dia ga sengaja nabrak gua pas lagi lari, tiba-tiba dia bilang,

"Oops...sorry mami."

Lalu seminggu setelah Jayden ulang tahun, dia mainin balon huruf yang gua beli buat pajangan. Secara tiba-tiba dia bilang,

"Balonnya bagus sekali ya. Terima kasih mami uda beliin Jayden balon."

Lalu tadi pagi dia nanya yang beliin lego siapa. Gua jawab kalo yang beliin itu gua. Dan secara tiba-tiba juga dia bilang,

"Terima kasih mami uda beliin Jayden lego."

Padahal itu lego gua beli tahun lalu, hahaha. Begitu juga beberapa hari yang lalu waktu dia lagi asik main lego dan legonya susah banget dipasang, secara tiba-tiba dia bilang,

"Please mami Icha, legonya tolong dipasang dong."

Gua bangga banget waktu dia ngucapin semua kalimat-kalimat itu, berarti apa yang gua ajarin ga sia-sia. Seperti yang gua pernah bilang, Jayden unggul di bidang akademis itu urutan kesekian, yang lebih penting ya mengajarkan hal-hal kecil seperti ini. Biar kehadiran Jayden ga cuma sekedar menuh-menuhin bumi doang, tapi bisa menjadi berkat bagi orang sekitarnya.

4 comments:

  1. Ahhh gue berharap Reia juga bisa kayak jayden, terbiasa mengucapkan 3 kata penting itu <3

    ReplyDelete
  2. L yg belum bisa please sama maaf nih.. Gantinya sih kalau mau barang bilang Minta, trus kalau mau lewat bilang permisi..haha.. Makasih udah di tanamkan mulu. Skrg kalo kita yg mintol pun dia yg bilang acihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. jayden juga seringnya masih disuruh... cuma kadang2 suka random ngomong sendiri hahahaha...

      Delete

Your comments make me happy. Thank you ^___^

< > Home
Powered by Blogger.
emerge © , All Rights Reserved. BLOG DESIGN BY Sadaf F K.